Kamu bukan ga bisa, cuma kurang latihan
27/09/13 by Unknown in

Untuk mayoritas siswa-siswi dan mahasiswa-mahasiswi yang belajar bahasa Inggris, khususnya yang mendalaminya, seperti anak sastra Inggris ato pendidikan bahasa Inggris, akan menganggap STRUCTURE adalah mata kuliah yang paling ga banget.
Puspa katanya... *baca: pusing :p

Bagi saya secara pribadi, structure itu matematika-nya bahasa Inggris :)
Karena dia berkutat dengan banyak rumus, yang mungkin lebih rumit dari matematika..hahaha *lebay =D

Orang bilang belajar matematika itu jangan dihafal, tapi banyak latihan. Hai guys, did you realize any relation between these two subjects? =O
Kalo kamu bilang matematikan itu jangan dihafal, tapi banyak latihan....maka kalo kamu nyebut STRUCTURE itu MATEMATIKA-nya bahasa Inggris, seharusnya kamu juga menyadari solusi yang sama juga berlaku untuk structure.

Jangan berhenti untuk menghafal rumus, tapi perbanyaklah latihan!!!!

Itu kunci jawaban dari segala keruwetan belajar structure. Otak kita sebagai manusia sangat terbatas. Setiap hari kamu belajar banyak hal, belum ditambah ini itu yang makin menuh2i storage otak kita. Gimana mau taruh itu rumus2 structure? Adanya melayang-layang pergi entah kemana. =)
Tapi jangan lupa, kita itu manusia kebiasaan. Kalo kita udah biasa melakukan sesuatu, udah pasti ga usah disuruh pun, kita akan melakukannya. Ga usah disuruh apel pacar, kalo udah biasa apel  dia setiap hari, ga diingetin aja pasti inget. Kalo ga apel, rasanya gimana gitu..wkwkwkwk =D

Hal yang sama juga berlaku buat belajar structure...jadikan itu sebuah kebiasaan. Do practice! =D

Temen-temen panggil aku 'suhu' karena menurut mereka saya pintar dan bijaksana. KATANYA lho yaaa =p
Jadi tolong jangan lempar sandal kalian ke muka saya...wkwkwkwk =D =D
 Tapi taukah kalian bahwa perjalanan saya untuk menjadi 'suhu' itu bukan sesuatu yang enak2 aja, tanpa perjuangan??
Jadi mari sedikit flash back :*

Saya dulu orang yang sangat payah dengan apa yang namanya bahasa Inggris di bidang susun2 kalimat. Aku les bahasa Inggris, seingetku dari TK ato SD awal2, aku lupa =p Tapi aku cuma ngerti kosakata2 doang. *apple=apel; bird=burung; car=mobil; etc. wkwkwkwk =D
Dan sampailah saya di kelas 6 SD, dan waktu itu aku dapet PR bahasa Inggris berkaitan dengan apa yang disebut structure...taukah kalian berapa nilai saya?
Kalo ga 2 ya 4.....dari 10!!!! daaaaannn temen2 saya yang lain pada dapet nilai 8; 9...jleb banget kan? =(
Yang lebih menyedihkan lagi adalah posisi saya waktu itu adalah juara kelas. Can you imagine that situation?
Malu-nya ga kebayang...plus aku dipanggil guru bahasa Inggris dan wali kelasku..ditanya2in gitu deh ceritanya.
Piye jal rasane? =( *Gimana coba rasanya?

Tapi di titik itulah kebangkitan saya =)
Saya berjanji pada diri saya, saya akan berjuang. And I did!
Setelah melalui SD, saya masuk SMP dan memutuskan untuk mengikuti kursus di sebuah lembaga bahasa terkenal. Lembaga tersebut mewajibkan adanya placement test untuk calon murid-muridnya. Udahlah 100% pasti, aku masuk level paling bawah...wkwkwk Kaga mudeng apa2 gimana mau lompat level? hihihihi =D Dan di situlah saya...level paling bawah...hahaha =D

Dan di situlah saja berjuang untuk memahami apa itu bahasa Inggris...And suddenly, I fell in love with this subject! hahahaha =D Kaya negeri dongeng kan? =D
Ketika saya jatuh cinta, maka ga usah ditanya lagi, semua hal2 yang dianggap 'momok' dalam subject ini bukan lagi momok, tapi TANTANGAN. =)
Dan aku paling suka dengan dia yang disebut structure =)
Bukan berarti kalo aku suka, jalanku mulus2 aja. ENGGAK!!!
Sama sekali enggak, ada jatuh bangunnya. Ada masa ga paham, ada masa dapet nilai jelek, dll.
Sampai sekarang saya masih dan terus belajar tentang structure ini. =)

Dan inilah salah satu inspirasi saya menulis blog ini. Ga ada kata ga bisa, adanya ga mau. Kita yang kurang keras berusaha. Kita yang kurang keras belajar. Kita yang kurang keras latihan....dan kita yang kurang keras terhadap diri sendiri. =)
C'mon guys...I'll help u dealing with this matter. =)
Saya masih belajar...jadi saya masih punya banyaaaaak sekali kekurangan...
Jadi mari, berjuang bersama-sama =)
I'm here to help you. Let's work together! =)




  1. :') semua pasti butuh proses!
    bisa dijadiin inspirasi nih suhu :)

  1. O-U-T-S-T-A-N-D-I-N-G !!! ^_^
    You're so phenomenal, young kinda girl :)
    So proud to be one of your mates. :D
    Keep this up and stay be a motivator for people around you!

  1. thank you very much, brother :)
    AMEN...for all your prayers :)

  1. AMIN...itu tujuannya Ngel =)

Posting Komentar