Conditional Sentence Type 2
24/11/13 by Unknown in

Ke aturan mainnya dulu yuk:
1. If-clause (conditional clause) menggunakan simple past.
2. Result clause menggunakan would+simple form.

Nah conditional sentence type 2 ini mengekspresikan kebalikan suatu fakta yang terjadi di masa sekarang atau yang akan datang. (untrue/contrary to fact in the present or future)

Contohnya:
1. If I belonged to class J, I would get stress.
        simple past                would+simple form
        (condition)                        (result)


>> Seandainya aku ada di kelas J, aku pasti stress. *karena muridnya pinter2...wkawkawka

Kenyataannya: Aku bukan bagian dari kelas J kok, jadi aku kaga stress.

Fact: I don't belong to class J, so I don't get stress. 

2. I would go to Jakarta if you were not sick.
 >> Seandainya kamu sekarang ga sakit, aku akan pergi ke Jakarta.
Kenyataannya: Kamu sakit sekarang, jadi aku ga pergi ke Jakarta.
Fact: You are sick, so I don't go to Jakarta.

3. If I were you, I would never let him go. *asssiiiiik =D
>> Seandainya aku ada di posisimu, aku ga akan nglepasin dia.
Kenyataannya: Aku bukan kamu. =)
Fact: I am not you.

Ini adalah kalimat yang sering keluar kalo kita lagi nasehatin orang, komentar, dan berandai2 jadi orang lain.
Entah kapanpun itu, kita ga akan pernah jadi orang lain.
Kalian pasti akan sering menggunakan kalimat ini, jadi tolong perhatikan CATATAN PENTING!!!!
Dalam conditional sentence type 2, siapapun subyeknya (singular atau plural) pakailah were.

4. If she were mine, I would treat her very well. =*)
>> Seandainya dia itu milikku, aku akan memperlakukannya dengan baik.
Kenyataannya: Dia bukan milikku. =)
Fact: She is not mine.

5. If he were not patient enough, he would look for another girl. hihihihi =D
 >> Semisal dia bukan orang yang sabar, dia sudah cari cewek lain. =P
Kenyataannya: Dia orang yang sabar, jadi dia ga cari cewek lain. *waloupun pacarnya sangat menyebalkan...wkwkwk =D
Fact: He is patient enough, so he doesn't look for another girl.

Posting Komentar