Conditional Sentence Type 1
24/11/13 by Unknown in

Aduuuuh maaf sekali karena laptop rusak...sebulan saya vacuum :'(

Nah masuk materi baru yaitu conditional sentence part 1..and this is it =D

Inilah aturan mainnya:
1. If-clause (conditional clause) menggunakan simple present.
2. Result clause menggunakan simple present ato will + simple form

Begini penggunaannya:
1. If he doesn't call me a day, I get angry.
             simple present         simple present
             (condition)                   (result)
>> Jika dia ga telepon aku seharian, aku bakalan marah. Artinya, memang sudah merupakan kebiasaannya untuk telepon aku setiap hari. Jadi kalo dalam sehari aja aku ga ditelepon, aku marah. Begonong =D
Nah penggunaan simple present pada result clause-nya menandakan bahwa itu merupakan suatu kebiasaan.

2. Water boils if the temperature reaches 1000 C.
  simple present           simple present
       (result)                   (condition)     
                                  OR
   Water will boil if the temperature reaches 1000 C.
  will+simple form              simple present
         (result)                        (condition)
 >> Air mendidih/akan mendidih jika suhu mencapai 1000 C.
Nah untuk membuat kalimat dengan general truth atau predictable fact either simple present or will+simple form boleh dipake untuk result clause-nya.

3. Nah ini yang paling gampang...conditional sentence type 1 ini biasa digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

If he proposes me, I will treat you. *assssiiiik =D
>> Jika dia ngelamar aku, aku traktir deh....wkwkwk
Kenyataannya memang masih ada harapan dia ngelamar aku, kapan pun itu. =D

I will buy that bag for you if you dare to say 'I love you' to him.
>> Ini ceritanya lagi main truth or dare, terus aku nantang temenku. "Aku beliin tas itu buat kamu deh kalo kamu berani bilang 'I love you' ke dia." wkwkwkwk =D

4. Conditional sentence type 1 juga bisa digunakan sebagai kalimat imperative (kalimat perintah).

If you need any information, please let me know.
>> kalo kamu butuh informasi apapun, tolong kasih tau aku. *biar bisa bantu kamu maksudnya =)

5. Penggunaan should  pada conditional clause menandakan sedikit ragu2.

If you should need any information, please let me know.
>> nah makna keseluruhan kalimat nomor 4 dan 5 ini hampir sama, cuman yang nomor 5 ini artinya "aku ga begitu yakin kalo kamu butuh informasi, tapi gapapalah kalo emang kamu butuh, beritahu aku."
Begindang =D

6. Bisa juga dikembangkan dengan menggunakan modals. Berikut beberapa contoh:

If my mommy comes, I should tidy up my room soon.
>> Penggunaan modal should pada result clause menandakan bahwa itu sebuah keharusan. 
Kalo mama datang, aku harus merapikan kamarku segera. Kalo tidak, bencana besar terjadi...wkwkwk =D *kena semprot maksudnya =)

If the ring is done, I'm going to propose her.
>> yang ini emang udah sangat merencanakan untuk melamar.
Kalo cincinnya udah jadi, aku bakal ngelamar dia. =) *tunggu yaaa =*)

Posting Komentar