Conditional Sentence Type 3
24/11/13 by Unknown in

Ini aturan mainnya:
1. If-clause (conditional clause) menggunakan had+V3 alias past perfect.
2. Result clause menggunakan would have+V3.

Nah mirip2 dengan type 2, conditional sentence type 3 ini mengindikasikan suatu kejadian yang tidak nyata alias bertentangan dengan fakta. BEDANYA, type 3 mengacu pada kejadian di masa lampau. (untrue/contraty to fact in the past)

Contoh:
1. If you had told me the truth, I would not have misunderstood you.
             had+V3                                      would have+V3
           (condition)                                          (result)
>> Seandainya dulu kamu bilang terus terang, aku ga bakal salah paham terhadapmu. Kenyataannya, dulu kamu ga bilang terus terang, jadinya ya aku salah pahamlah. =)
Fact: You didn't tell me the truth, so I misunderstood you.

2. If he had been really serious about me, he would not have let me go.
>> Semisal dulu dia bener2 serius sama aku, dia ga akan nglepasin aku. *ojo curhat =p
Kenyataanya, dulu emang dia ga serius sama aku, jadinya dia biarin aku pergi.
Fact: He was not serious about me, so he let me go.

3. If he had stayed last night, I would have told him my secret.
>> Andaikan kemarin malem dia tinggal di sini, aku bakal ceritain rahasiaku ke dia. Kenyataannya, kemarin malam dia ga tinggal di sini, jadinya ga aku ceritain deh rahasiaku.
Fact: He didn't stay last night, so I didn't tell him my secret.

Posting Komentar