Mixed time in conditional sentences
01/12/13 by Unknown in

Nah untuk main campur-campur ini, yang kita mainkan adalah conditional sentences type 2 dan 3, jadi kandangkan dulu type 1 nya =)
Karena kita di sini main berandai-andai...sesuatu yang tidak real =D

1. I broke up with him last night, so I lose my appetite now. T.T
>> Nah ini ini...gara2 kemarin aku putus sama pacarku, aku ga doyan makan sekarang. Hmmmfh...andaikan aku ga putus, ga bakalan deh aku kehilangan nafsu makan.
Maka inilah kalimat pengandaian yang kita gunakan:

>> If I had not broken up with him last night, I would not lose my appetite now.

2. I am full of spirit today because he proposed me last night. *Asssiiik =*) satu realita lagi
>> Aku semangat banget hari ini karena kemarin malam dia lamar aku lho =P
Aduh...seandainya dia ga lamar aku kemarin, ga mungkinlah aku sesemangat ini sekarang. =D

>> I would not be full of spirit today if he had not proposed me last night. =*)

3. I miss him so much because he went to USA yesterday.
>> Aku kangen banget sama dia karena dia pergi ke USA kemaren. *untuk sekolah S2 musik di sana =D
Seandainya dia ga pergi ke USA kemaren, aku ga bakalan ngangenin dia sekarang. Tapi demi masa depannya dan 'kami', lebih baik dilanda malarindu sekarang... =D *tolongdihapusembelembeltakperluitu =P

>> I would not miss him so much if he had not gone to USA yesterday.

PAY ATTENTION!!!
Guys lihat...kalimat yang ada di present (yang di-bold) diubah menjadi contional sentence type 2, sedangkan kalimat yang ada di past (yang di-underlined) diubah jadi conditional sentence type 3.
Perhatikan lagi...SELALU kalimat yang ada di past, itulah penyebabnya, yang berarti dilekati 'if'. Karena apa? karena sesuatu yang terjadi di lampau pasti mendahului yang terjadi sekarang.
Nah...inget rumusnya >> ubah dia menjadi had+V3
Lalu..yang menjadi akibatnya (tertulis dalam present), ubah dia menjadi would/could+V1

Posting Komentar