Wish
07/12/13 by Unknown in

Wish itu dipake untuk berandai-andai juga. Aku pengen gini, tapi KENYATAANNYA ga demikian. Kenyataannya jelas-jelas berseberangan. ='(

Aku bagi penjelasannya jadi 3 sesuai dengan buku referensi: Azar, Betty Schrampfer. 1999. Understanding and Using English Grammar. New York: Pearson Education

A. A wish about the future (Angan2 untuk masa yg akan datang)

  • Fact: He will not come back again.
      >> I wish he would come back again.
           Aku berharap dia akan kembali lagi. Kenyataannya: dia ga akan kembali lagi. ='(
  • Fact: She is going to leave me.
      >> I wish she were not going to leave me.  
           Aku harap dia ga akan pergi meninggalkan aku. Kenyataannya: memang dia akan pergi ke UK besok, udah jelas di akan meninggalkan aku.
  • Fact: I cannot go to Hongkong next month.
      >> I wish I could go to Hongkong next month.  
           Aku harap aku bisa terbang ke Hongkong bulan depan. Kenyataannya: uang tabunganku belom cukup, jadi aku jelas ga akan bisa pergi ke Hongkong bulan depan.


B. A wish about the present (Angan2 untuk masa sekarang)
  • Fact: I don't have enough money to buy ice cream. ='(
      >> I wish I had enough money to buy ice cream.
           Aku harap aku punya uang cukup untuk beli es krim. Kenyataannya: Aku lagi ga ada duit untuk beli es krim nih.
  • Fact: I can't paint.
      >> I wish I could paint.
           Aku harap aku bisa melukis. Kenyataannya: boro-boro, aku ga bisa ngelukis.
  • Fact: She is sleeping now.
      >> I wish she were not sleeping now.
           Aku harap dia lagi ga sedang tidur sekarang. Kenyataannya: tuh dia lagi ngorok di kamar, kedengeran sampe sini..hahaha =D

C. A wish about the past (Angan2 untuk masa lampau)
  • Fact: She did not come to my graduation.
      >> I wish she came to my graduation.
           Aku harap dia dateng waktu lulusanku. Kenyataannya: dia ga dateng waktu aku lulusan. ='(

  • Fact: He could not help me yesterday.
      >> I wish he could have helped yesterday.
          Aku harap dia bantuin aku kemaren. Kenyataannya: dia ga bisa bantuin aku kemaren. >.<

Summary!!!
Membuat wish (angan-angan) untuk masa sekarang atau yang akan datang, pakailah past tense (poin A dan B).
Membuat wish (angan-angan) untuk masa lampau, pakailah past perfect. (poin C)
Daaaaan...jangan lupa, karena angan2 ini tentang sesuatu yang berkebalikan dengan realita, jangan lupa konversi positif negatifnya.
Kalo fact positif, wish negatif.
Kalo fact negatif, wish positif.

Posting Komentar